Saturday 16 January 2016

Ujian (Part 1)




Ujian.

Kata itu, terlepas di mana pun, kapan pun, dan siapa pun, selalu menjadi momok yang cukup menyita waktu dan perhatian. Terlebih lagi untuk kami, sekumpulan pelajar rantau yang tengah menuntut ilmu kedokteran di Negeri Panda ini. Terlebih lagi, Biokimia merupakan mata kuliah yang bisa dibilang cukup ‘berat’ untuk semester ini. Yaahh, walaupun para senior mengatakan bahwa masih banyak mata kuliah yang jauh lebih ‘menantang’ ke depannya. Sebut saja Anatomi Regional, Biologi Sel, Radiologi dan masih banyak lagi.

Ya, perjalanan saya dan kawan-kawan di sini masih panjang rupanya. Masih akan menginjak semester keempat, tentu saja masih banyak lika-liku dan tantangan baru yang tengah menanti kami di semester-semester berikutnya.

Kembali ke masalah ujian. Biokimia, merupakan mata kuliah yang terakhir kali 'diujikan,  pada tanggal 13 Januari 2016 kemarin.  Bel pertanda ujian telah usai turut menandai akhir perjuangan kami untuk semester ini. Ya, mata kuliah yang paling susah sengaja ‘disajikan’ terakhir, persis seperti ketika bermain video game, Boss di setiap level permainan selalu dilawan terakhir. Dan, bisa saya katakan dengan bangga bahwa di level 3 (semester 3.red) ini saya berhasil menaklukkan ‘Boss’nya. Setidaknya saya cukup yakin bahwa saya ‘menghajar’nya dengan tepat. K.O.

Tentu saja hal itu tidak mudah. Dibutuhkan persiapan yang cukup matang untuk menghadap Boss di level ini. Saya yang dari dulu selalu terlalu PD, sehingga selalu merasa dengan tidak perlu belajar nilai ujian saya akan tetap baik-baik saja (dan faktanya memang selalu begitu), kini harus bersedia dan dengan rela tunduk pada kenyataan bahwa di ‘pertarungan’ kali ini, saya memerlukan persiapan yang matang. 

Bersambung...




NB: Jika kalian merasa konten blog ini menarik, bisa like Facebook: CalonDokter, untuk update postingan berikutnya. 

Ditunggu komentar, kritik & sarannya agar CalonDokter semakin berkembang! 


Terima kasih ^0^

Unknown Calon Dokter

Seorang pemuda rantau yang tengah menempuh Pendidikan Kedokteran di Chongqing Medical University. Selain kuliah, saya juga aktif blogging dan berorganisasi di PPI Tiongkok.

2 comments:


ThingsGuideIndian Education BlogThingsGuide